Aksarindah Islam

Aza0001

Jangan Takut (2010) karya Abd. Aziz Ahmad

Aksarindah (kaligrafi) Islam adalah suatu karya tulisan indah yang dibuat oleh umat Islam yang pada umumnya menggunakan aksara Arab. Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa, walaupun suatu karya bukan dibuat oleh umat Islam, tetap dianggap kaligrafi Islam, yang penting objek yang ditulis itu adalah bersumber dari ayat-ayat Al-quran dan Al-hadis.

Secara harfiah kaligrafi berarti tulisan indah, merujuk kepada asal kata dari bahasa Yunani kaligraphia dari suku kata kalios artinya indah, dan graphia artinya coretan atau tulisan. Bahasa Inggris menyebutnya Calligraphy. Orang Jepang menamakannya Shoodoo. Orang bugis bilang Ukigelloo. Sedangkan di dalam bahasa Arab sendiri disebut tahsinul khuthuth, artinya khat indah, yang biasa disingkat saja dengan istilah khat. Penulis menyarankan nama baru untuk kata kaligrafi ini, yaitu aksarindah, seperti judul tulisan ini. Aksarindah diambil dari akronim kata aksara-indah. Dengan demikian kaligrafi Islam kita namakan Aksarindah Islam.

Aksrindah Islam (kaligrafi Islam), sering pula disebut Kaligrafi Al-quran atau Kaligrafi Arab. Masing-masing mempunyai alasan tersendiri tentang penamaan itu. Kaligrafi Al-quran merujuk  kepada tulisan itu dipakai untuk penulisan Al-quran, sedangkan Kaligrafi Arab merujuk kepada tulisan yang digunakan adalah tulisan Arab.

Begitu besarnya pengaruh Alquran menyentuh segala aspek kehidupan kaum Muslimin termasuk dalam hal berkesenian dalam hal ini seni rupa, sehingga mengangkat kaligrafi ke puncak seni yang sakral dan suci. Dengan iman yang meresap dalam hati sanubari seorang seniman Muslim mendorong memperelok kaligrafi dalam menyalin Alquran, maka penamaan ‘Kaligrafi Islam’ (dan bukan Kaligrafi Arab), menurut tokoh kaligrafi Libanon Kamil Al-Baba, dapat diterima. Mengingat besarnya saham Islam dalam usaha pengembangan Kaligrafi Arab, maka berbagai literatur sebutan “Seni Kaligrafi Islam” jauh lebih populer dibandingkan dengan  sebutan “Seni Kaligrafi Arab”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s