Background Lukisan Saya

Tentang Background Lukisan Saya
I. Makna yang tersirat dalam background atau yang menjadi latar belakang dalam lukisan saya yaitu ingin mengutarakan bahwa di alam dunia ini terdapat siklus yang tak berkesudahan. Segala aktivitas dan mekanisme kehidupan ini tak berkesudahan dari generasi sekarang ke generasi berikutnya, seolah tak berakhir dan tak berujung pangkal, maka termanifestasikan dengan goresan yang tidak berkesudahan (infinitas).

Background Lukisan

II. Selanjutnya makna teologis dan filosofis yang terkandung dalam background lukisan saya yaitu ingin mengingatkan kepada kita semua akan kemahabesaran Allah swt. dengan segala sifat-sifat muliaNya, yang antara lain bahwa Allah swt. tidak mempunyai awal dan tidak berakhir. Kekal abadi adaNya. Lain halnya makhluk ciptaan Tuhan termasuk dunia dan segala isinya adalah bersifat fana dan hanya sementara, yang pada akhirnya akan hancur binasa bila tiba ajalnya. Dengan demikian nasehat dan peringatan yang dapat dipetik bahwa dalam perjalanan hidup kita di dunia ini kita harus mengabdi kepadaNya. Salah satunya dengan berkarya dan berkarya agar dapat meninggalkan jejak yang dapat dilihat dan di manfaatkan oleh orang lain setelah kita tiada. Lebih penting lagi adalah kita melakukan semua itu dengan ikhlas berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat manusia.

III. Proses kreatif penciptaan background dalam karya saya adalah dengan menggoreskan berupa garis yang sifatnya melingkar, membulat dan elips yang dimulai dari suatu titik tertentu bertemu dan berakhir pada goresan pada titik yang sama di mana tadinya bermula. Dalam goresan tadi diciptakanlah berbagai jenis satwa, fauna, flora dan bahkan berbagai makhluk-makhluk aneh dan makhluk misterius lainnya yang mengisi bidang-bidang yang telah digoreskan sebelumnya. Dalam proses perwujudan bentuk-bentuk tersebut dipertimbangkan pula mengenai komposisi, proporsi, anatomi, keseimbangan dan elemen estetis lainnya dari objek-objek yang dikomposisikan ke dalam bidang lukisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s